Facebook Twitter RSS Feed

Cara Mudah Membuat Installer Program Berbasis Java

Sebenarnya ini adalah cara mudah menurut saya pribadi. Berangkat dari kegelisahan setelah membuat program inventory menggunakan bahasa pemrograman java dan editor netbeans pada saat PKN(magang), bisa gak ya dibikin file installer seperti program-program yang ada? Mungkin pertanyaan ini terdengar konyol karena memang java setelah di compile akan menghasilkan file kompresi berekstensi JAR yang bisa dijalankan di berbagai multiplatform SO bahkan Mobile. Tapi menurut saya gak masalah kalo projek java itu saya packaging, alasannya dulu simpel, biar terkesan eksklusif. *benerin kacamata*
Akhirnya setelah oprak-oprek om google akhirnya menemukan beberapa cara dan aplikasi untuk membuat setup installer. Banyak opsi dari yang gratis hingga yang berbayar antara lain Exe4J, Jsmooth, advanced installer, dan masih banyak lagi. Setelah dijajal satu-satu akhirnya saya jatuh hati kepada advanced installer, selain fiturnya banyak, friendly user, juga memenuhi kebutuhan saya dalam membuat file installer, sayangnya aplikasinya gak gratis, tapi ada trial selama 30 hari, dan saya rasa ini lebih dari cukup.

Alhamdulillah minggu ini saya telah mengadakan pelatihan untuk membuat installer program berbasis java menggunakan advanced installer 8.6. Bagi yang belum sempat ikut, saya share materi pelatihan saya, dan karena ini memang murni hasil pengalaman saya pribadi setelah belajar secara otodidak, diharapkan feedback baik berupa saran, kritikan, masukan, ataupun tambahan apabila ada cara yang lebih mudah.

Download source code Simple Calculator disini
Download advanced installer disini
Download tutorial disini

1 comments:

Anonymous said...

Wow......

Post a Comment